Sabtu, 14 November 2009

[catper III] Gunung Kerinci. 3-5 november 2009

[IMG][/IMG]

ane bener2 udh gak tahan lagi. ane kayanya udah setuju sama pendapat temen ane yang minta turun. kayanya pendakian hari itu udah kaya pendakian yang cuma cari mati aja. ane kalo udah gtu biasanya suka nanya sama temen ane yang pengen terus naek, "nal , jam berapa.!!??" teriak ane diantara samarnya kabut.
doi pun jawab," jam 08.15 !!"
wahh.. masih lama buat turun.. ane lanjut lagi perjalanan naek.. kaki ane rasanya udah berraaaattt banget buat naek.. jari-jari kaki ane kaya udah beku sama dinginnya tiupan angin dan kabut. ane kaya jalan udahh lammaaaa banget. tiba-tiba temen ane yang laen treak lagi nanya jam.
"nal,, sekarang jam berapa ..??!!" treak tuh anak.
"jam 08.20..!!"jawab temen ane si jenal.
"bangkeeeeeeee !!!", treak ane dalam hati.
kaya nya ane udah jalan satu jam padahal baru jalan 5 meniiitt.. kapan jam 9 nyaa ??????
temen ane juga merasakan hal serupa. doi udah kaga percaya lagi ma si jenal. akhirnya doi nanya ke ane jam berapa. sebenernya ane bawa jam tapi males ambilnya di tas (jangan mikir ane males yah,, ane punya pembenaran ini adalah fakta bahwa dalam kondisi dingin dan depresi kita bakal ngerasa maleeesss banget ngelakuin hal yang sebenernya sepele. misalnya ambil jam di tas, padahal itu tas dari tadi nyangklong di bdan ane tapi malesnya naudzubillahiminzalik)
kemudian ane ambil dah jam ane, ane liat ternyata jam ane mati dan tololnya itu jam malah nunjuk jam 07.30 . daripada jalan makin lama n muncul konflik baru ane bilang aja, "oiya bener jam 08.20" .
tiba-tiba disaat ane sibuk mikirin kok bisa-bisanya jam mati, temen ane si jenal treak dari atas.
"puncaaakk puncakk... !!"
ane masih blom percaya waktu itu, jangan-jangan tuh orang ngibul biar kita maw gerak lagi naek. maka diutuslah seorang dari basis ane buat cek keatas. dan ternyata doi bener...
seketika itu juga ane lari ke atas. entah ane dapet kekuatan darimana tiba-tiba ane naek cepet banget udah kaya spiderman kaki sama tangan gerak semua. sampe di puncak ane langsung pelukan satu sama lain dengan tim ane. yang tadinya musuh kini udah baekan lagi. ane langsung sujud sukur disitu dan tak lupa berdoa sama yang di Atas. ane gak kuasa gan nahan tangis disana mengingat beratnya perjalanan ane dan segala rintangan yang terjadi, tapi akhirnya ane bisa sampe juga di puncak penutup ini. setelah itu lanjut ke sesi foto-foto walaopun kabut makin hebat aja.
kondisi di puncak hanya ada jalan setapak yang merupakan bibir kawah dari pucak kerinci. disitu juga ada bendera merah putih sebagai lambang supremasi negara kita.


[IMG][/IMG]
ane kira-kira hanya 5 menit berada di puncak untuk kemudian turun kembali. waktu ane turun kondisi jalan sudah gak keliatan. bahkan ane lupa jalur mana yang ane lewatin tadi waktu ane ke puncak. ane turun perlahan-lahan ngikutin sampah yang kadang ada di jalur pendakian. begitu banyak jalan sehingga sulit banget nentuin mana jalan yang bener. ditambah pada saat itu badai kabut makin ganas. ane gak pernah tahan berdiri lama terkena hempasan badai. dan setiap kali ane terhempas angin ane langsung berlindung di antara rekahan-rekahan batu. namun ternyata berlindung dalam rekahan batu tidak membuat ane aman. kayanya badainya taw aja dimana ane sembunyi. angin badai yang membawa titik-titik air masuk lewat manaaa aja dan dimanaa aja ane bersembunyi. mata ane selalu ane bersihkan dari titik-titik air yang menempel di bulu mata. jika gak dibersihin titik air itu akan mengeras karena mengkristal. karena selalu mengusap mata lama-kelamaan mata ane jadi kabur sendiri. udah gitu jalan yang terlihat hanya sekitar 3 meter kedepan dan sisanya tertutup kabut. ane hanya berpatokan pada sampah dan ane berharap sampah tersebut membimbing ane ke jalan yang benar. biasanya ane paling kesel dan mengutuk keras orang yang buang sampah sembarangan namun pada saat itulah sekalinya dalam hidup ane berterima kasih sama orang yang buang sampah sembarangan. kadang walaupun ane sekalian ngikutin sampah gak jarang tuh sampah malah membawa ane ke jalan yang salah. pada saat itu ane gak taw lagi harus ngandelin sapa buat cari jalan pulang. badan ane kayanya udah kebal sama dinginnya badai kabut. diitung-itung mungkin ane udah nyasar 4 kali. dan setiap nyasar ane cuma bisa pasrah dan berusaha balik ke patokan awal. entah sampe kapan ane melakukan itu. bahkan sempat terbersit niat buat nunggui badai kabut hilang dulu. tapi kapan beresnya nih kabut. bisa-bisa ane mati duluan sebelum tuh kabut hilang. perasaan ane makin takkut ketika ane melihat jalan yang bersih tanpa sampah. disitu biasanya ane tanya temen2 ane, "maw kemana neh??"
walaupun ane tahu temen2 ane juga sama bingungnya dengan ane.

gak terasa satu jam berlalu tapi posisi ane masih belum jauh dari puncak. ane sungguh takut buat jalan. ane ngeliat wajah temen2 ane yang kayanya sama putus asanya dengan ane. setiap kita kehilangan jejak sampah, kita berkeliling kekanan dan kekiri mencari sekedar secuil sampah plastik. setidaknya jika ada sampah berarti pernah ada orang yang lewat situ entah dia melewati jalan yang benar atau sebaliknya, tapi pada waktu itu hal itulah satu-satunya tiket kita buat cari jalan pulang.
entah perasaan itu dateng darimana, tapi ane ngerasa ajal ane udah makin deket. ane bener-bener gak nyangka ane bakal ngabisin sisa hidup ane di gunung kerinci. ane kira ane bakal mati di hari tua dengan dikelilingi orang-orang yang ane cintai. dan teman-teman ane pun merasakan hal serupa. ada yang sudah mulai membaca sholawat-sholawat nabi. ane masih termangu saat itu dan berpikir aneh-aneh. ane mulai berpikir rundown ane sebelum mati. ane pikir pertama kita akan putus asa gak nemu jalan. lalu kemudian perbekalan habis (saat itu ane cuma bawa 2 liter aqua. 1 liter udah abis diminum waktu naek ke puncak). kemudian ane hipotermia kemudian mati deh. saat itu pula ane mulai terbayang sama orang-orang yang ane sayangi seperti bokap ane, nyokap, kakak, pacar dan semua yang ane sayangi. ane gak abis pikir bagaimana mereka sedih dan susahnya kalo ane mati disini. ane blum sempet kasih apa-apa sama mereka tapi ane udah ngerasa ajal ane semakin deket. saat itu bahkan kita udah ambil keputusan maw nelepon guide di bawah kalo kita nyasar dan minta pertolongan (seperti yang ane bilang, bahkan di puncak ada sinyal simpati dan indosat). tapi ane berpikir waloupun kita minta tolong sama itu guide, tetep aja mereka juga butuh waktu buat sampe atas. dan ane uga gak yakin apa kita masih bisa bertahan saat itu. saat itu ane bener2 udah nerima kalo misalnya ane bakal ngabisin waktu di gunung kerinci.

Tiba-tiba entah pandangan darimana ane meilhat btu beton yang biasa dijadikan tanda pendaki. saat itu ane gak treak atau meluapin rasa seneng. yang ane taw , ane harus cepet ke situ sebelum kabut nutupin itu tanda lagi. ane bergegas dan kemudian ane berhasil sampai kesitu. ane penggil temen2 buat ngikutin ane. Alhamdulillah ane nemu sampaah laggiii.....
Dari situ ane gak maw kecolongan lagi. ane ikutin perlahan-lahan sampah itu. dan setiap kali ane kehilangan arah entah darimana padangan itu ada lagi. ane ngeliat lagi palang beton setinggi 60 cm berwarna kuning itu. Entah kebaikan apa yang ane buat di masa lalu. tapi ane bersyukur banget akhirnya ane bisa pulanggggg.... Benar-benar ane di tunjukkan kuasa yang Di Atas.....
singkat cerita akhirnya ane ketemu lagi dengan pos 4. semakin ke bawah ternyata kabutnya semakin menipis. tapi setiap ane melihat keatas kayanya kabut seakan gak maw lepas dari puncak kerinci. ane gak bisa bayangkan bagaimana berterima kasihnya ane sama yang di Atas..
ketika sampai di tenda, kami tidak serta merta ketawa girang. kami malah terdiam satu sama lain mengingat hampir saja nyawa kami hilang diatas sana. kami sadar banget kalau alam maw kita nyasar dan mati kemungkinannya adalah 90% banding 10%. Tuhan memang selalu menunjukkan kuasanya. aminn..
akhirnya ane bisa pulang keesokan harinya dengan selamat. dan disinilah ane sekarang bercerita kepada juragan-juragan sekalian. semoga juragan-juragan sekalian dpat mengambil manfaat dari cerita ane ini . amiinn..

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger